Selain Tali Manila 3 Tali Tambang Berikut Juga digunakan untuk Perkapalan

Dalam dunia perkapalan, ada beberapa jenis tali yang digunakan, salah satunya yaitu seperti tali Manila. Alasannya yaitu karena jenis tali abaca ini mempunyai kemampuan dan kekuatan yang baik ketika digunakan pada air laut. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa air laut mempunyai kadar garam yang sangat tinggi. Sehingga penggunaan tali yang tepat menjadi poin penting yang perlu diperhatikan.

Jenis Tali untuk Perkapalan

Selain tali Manila atau abacha ternyata ada jenis tali lain yang digunakan pada perkapalan. Syarat menggunakan tali untuk perkapalan yaitu tentunya jenis tali yang mempunyai karakteristik tahan terhadap air, tidak terlalu kaku serta mampu bertahan pada kadar air laut. Berikut ini jenis tali yang digunakan untuk perkapalan selain tali abaca:

Tali Tambang Polypropylene/Pp

Tali tambang yang pertama ini terbuat dari serat buatan polypropylene yang mana jenis serat ini mempunyai bahan dasar yang berasal dari minyak bumi. Sehingga untuk proses menjadikan jenis tali tambang ini lebih tahan terhadap air dan mempunyai kekuatan tersendiri. Jenis ini banyak digunakan untuk perkapalan yaitu towing maupun moring.

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau sehingga banyak para masyarakat yang mencarinya dan lebih banyak digunakan pada orang-orang yang berkecimpung pada bidang perkapalan.

Tali Tambang Polyester

Jenis tali tambang polyester berasal pada serat buatan yang disebut sebagai serat polyester yang mempunyai banyak kelebihan. Misalnya saja tahan terhadap panas, tahan terhadap sinar matahari, penggunaan yang fleksibel, kuat dan tahan terhadap gesekan. 

Dari kekuatan yang dimilikinya tersebut menjadikan tali tambang polyester Ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Sehingga untuk penggunaannya pun juga menjadi terbatas. Salah satunya yaitu digunakan untuk perkapalan.

Tali Tambang Nilon

Jenis tali tambang seperti nilon terbuat dari serat buatan manusia. Jenis tali ini sangatlah kuat dan penggunaan yang fleksibel. Sehingga wajar saja apabila harga yang ditawarkan jauh lebih mahal. Salah satu kelebihan yang dimilikinya yaitu mempunyai daya tahan yang sangat baik terhadap paparan sinar matahari dan tahan terhadap gesekan. Karena harganya yang cukup mahal, maka penggunaannya pun juga terbatas yaitu hanya digunakan pada perkapalan saja.

Jenis tali manila berasal pada serat alami pada pohon abaca yang sejenis dengan pisang-pisangan dan banyak dijumpai pada negara Filipina. Tali abaca banyak digunakan pada perkapalan yaitu untuk pembuatan tangga kapal, untuk konstruksi jembatan gantung, untuk kebutuhan rumah tangga, seperti kerajinan tangan atau dekorasi dan untuk kebutuhan perlombaan seperti wahana permainan yang menggunakan tali maupun tarik tambang.