Amankah Ke Dokter Gigi Selama Pandemi Virus Corona? Begini aturannya!

Di tengah wabah pandemi virus corona ini, semua aktivitas menjadi terbatas. Tidak hanya urusan pekerjaan saja, pemeriksaan gigi rutin yang umumnya dilakukan enam bulan sekali ke dokter gigi juga turut terhambat. Alasannya sama, yaitu kekhawatiran akan virus corona ini.

Padahal tidak terpungkiri, beberapa orang yang menderita sakit gigi butuh penanganan dokter gigi secara langsung. Hal ini yang kemudian menjadikan pertanyaan, apakah berbahaya jika periksa ke dokter gigi selama pandemi corona? Mengingat penyebaran corona virus yang dapat mudah menyebar melalui mulut dan hidung.

Dokter Gigi Jogja

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurasi resiko menularnya virus corona. Seperti yang Anda ketahui, teknologi zaman sekarang memungkinkan seseorang dapat berkomunikasi dengan mudah meski tanpa bertemu. Anda bisa memilih alternatif konsultasi via telekonsultasi dengan dokter gigi Anda. Atur jadwal dengan dokter gigi Jogja untuk memungkinkan bisa melakukan telekonsultasi. Cara ini mungkin lebih efektif pada pandemi seperti ini. Di samping itu, Anda juga tidak perlu repot untuk keluar rumah.

Jika terdapat kondisi darurat seperti pendarahan yang tidak kunjung berhenti, bengkak, muncul nanah, tulang rahang patah, atau kondisi darurat lainnya, Anda bisa langsung hubungi dokter gigi untuk melakukan janji temu. Tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Sebenarnya Anda tidak perlu cemas akan hal tersebut selagi masih menaati protokol kesehatan. Bahkan, melalui surat edaran bernomor 2766/PB PDGI/III-3/2020 tentang Pedoman Pelayanan Kedokteran Gigi Selama Pandemi Virus COVID-19, pemerintah menyampaikan bahwa ada beberapa instruksi yang harus dijalankan para dokter gigi sebelum melakukan pemeriksaan gigi pada pasiennya.

Dengan adanya imbauan ini, Anda tidak tidak perlu khawatir lagi untuk periksa gigi ke dokter gigi Jogja.

Jaga Kesehatan Gigi Selama Pandemi

Kesadaran pentingnya menjaga kesehatan gigi agaknya mulai menurun sejak pandemi ini. Anda tentu merasakan bahwa pandemi corona virus menjadikan batasan interaksi secara langsung menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan beberapa orang acuh terhadap kebersihan gigi dan mulut mengingat setiap hari harus memakai masker.

Kesehatan gigi tetap harus dijaga di tengah pandemi seperti ini. Karena resiko penularan virus corona di luar sangat tinggi, maka jangan sampai Anda harus terpaksa keluar rumah untuk ke dokter gigi karena merasakan sakit gigi yang tidak tertahankan. Rajinlah gosok gigi dan beli obat kumur untuk membersihkan rongga-rongga mulut selama pandemi ini.

Periksakan gigi Anda tiap enam bulan sekali dengan mengikuti beberapa cara di atas. Lakukan telekonsultasi dengan dokter gigi Jogja untuk mendapatkan saran kesehatan untuk gigi Anda. Jaga kesehatan!